Fungsi utama injektor sebagai penunjang kerja mesin mobil memang sangat penting dan sudah seharusnya anda memberikan perhatian lebih pada kondisi injektor mobil anda secara rutin.

Pada beberapa proses servis mobil secara menyeluruh seperti tune up misalnya kebanyakan ditemukan ada masalah pada bagian injektor ini apakah itu sederhana adanya kotoran sampai dengan serius yakni kondisi injektor rusak dan tersembat.

Sisitem kerja injektor sangat simple tentunya ketika anda membeli bahan bakar kemudian mobil anda panaskan maka bahan bakar ini akan masuk ke bagian mesin dari proses daur ulang cair menjadi kabut yang bagian ini diberikan tugas full kepada injektor.

Injektor rusak, mesin akan mengalami masalah ringan sampai berat seperti tiba tiba macet, susah di starter, sampai dengan turun mesin yang mamaksa anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk proses tune up mobil secara penuh.

Sebenarnya kondisi ini bisa anda atasi sebelumnya jika anda rajin mengecek kondisi injektor dan tentu saja selalu menjaga kebersihanya. Injektor kotor kebanyakan disebabkan oleh udara dan debu, kemudian mobil terendam banjir, sampai dengan usia pemakaian.

Ok mari kita bahas sedikit saja cara sederhana dan simple yang bisa anda lakukan di rumah untuk membersihkan injektor berikut tipsnya:

Menggunakan cairan pembersih khsus injektor

Anda bisa menggunakan metode pertama yang paling simple, mudah dan cepat bisa dilakukan dimana saja asalkan anda sudah memiliki cairan khusus yang digunakan dalam proses pembersihan injektor ini.

Anda bisa membelinya banyak sekali dipasaran dengan berbagai merk, saran saya jangan gunakan cairan non pabrikan karena bisa jadi kualitasnya kurang bagus.

Cara penggunaanya sangat mudah sekali, anda tinggal maskukan saja cairnya ke dalam tangki bahan bakar mobil anda. Sebelum memasukan oli saran saya cek dulu panduannya karena jumlah takaranya sudah ada aturanya jangan asalkan memasukan.

Cara kerja cairanya ini sederhana sekali, ketika mesin di nyalakan maka bahan bakar mulai panas dan masuk kedalam mesin melalui injektor.

Karena sudah diberikan campuran cairan pembersih maka secara langsung cairan ini juga akan melewati injektor disanalah proses pembersihan dilakukan.

Catatan penting, dalam menggunakan cairan injektor ini anda harus pastikan juga kondisi tangki, kemudian saringan, sampai dengan filter bahan bakar dalam kondisi bersih, karena kalau kotor maka sama saja cairan ini akan tidak berfungsi dengan baik.

Menggunakan peralatan pembersih

Cara ini hanya bisa anda temukan ketika membersihkan mobil anda di bengkel. Tentu juga bengkel yang memiliki alat ini biasanya bengkel yang sudah lumayan besar karena harga alatnya juga lumayan mahal.

Proses pembersihan menggunakan alat ini akan berlangsung lebih lama dari porses yang pertama. Karena semua komponen yang berkaitan dengan injektor harus dibongkar dulu kemudian dibersihkan secara manual menggunakan alat tersebut.

Setelah injektor di copot semua selanjutnya akan dimasukan dalam sebuah wadah yang berisi cairan khusus pembersih injektor dan tentu juga dengan bantuan daya getaran pembersih terbaik menggunakan getaran ultrasonic.

Secara sederhana fungsi getaran dengan gelombang ultarasonic ini akan mempermudah rontoknya karat, kemudian kotoran yang menempel selama bertahuh tahun pada bagian injektor.

Kemudian anda bisa cek injektor mobil anda akan dimasukan kedalam tabung-tabung kaca disini akan dilakukan proses penyemprotan dan penguapan sesuai dengan standar nasional servis sperpart mobil jadi kondisi yang akan di alami injektor setelah ini benar benar bersih seperti kondisi baru.

Menggunakan cairan pembersih yang di semprotkan langsung ke injektor

Cara yang ini biasanya akan ditemukan pada kebanyakan bengkel. Proses pembersihan ini tentu saja berbeda dengan proses yang pertama.

Semprotan dengan cairan yang sudah khusus di rancang untuk membersihkan injektor ini dilakukan dalam posisi injektor terlepas atau sudah dibuka dari mesin. Jadi proses yang ini lebih baik dari pada proses yang pertama dan masih kalah bagus dari proses yang kedua.

Maka saran saya, kalau bajed pas pasan maka gunakan proses yang ketiga kalau kalian mobilnya bagus dan mahal maka wajib gunakan proses yang kedua sedangkan jika kondisi darurat, kemudian tidak ada uang lebih maka proses yang pertama bisa kalian lakukan daripada tidak ada tindakan pembersihan sama sekali.

Written by
admin