Penderita maag seharusnya mengerti pertolongan pertama saat maag kambuh. Masih banyak orang yang menganggap maag sebagai penyakit yang sepele. Padahal penyakit jenis ini sangat berbahaya. Walaupun tidak langsung menunjukkan damagenya, namun secara perlahan bisa menimbulkan komplikasi.

Pertolongan Pertama Saat Maag Kambuh

Penderita maag harus pintar-pintar mengatur pola makan. Telat sedikit saja perut akan terasa sakit bahkan akan menimbulkan sesak pada dada. Maag memang bukan penyakit khusus. Penyakit maag sebenarnya menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan seseorang.

Penyebab maag kambuh biasanya karena pola makan yang tidak teratur dan stress berkepanjangan. Maag juga membutuhkan pertolongan pertama saat kambuh. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemungkinan risiko tertinggi.

Konsumsi Obat Maag

Pertolongan pertama yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat maag. Jika di rumah ada stok obat maag, segera konsumsi ketika perut sudah merasa sakit. Obat yang seperti apa? Biasanya orang memang cocokan terhadap jenis obat.

Asalkan yang dikonsumsi adalah obat yang bisa menghambat produksi asam lambung, menetralkan asam lambung dan mampu melapisi dinding lambung.

Gejala yang timbul saat maag kambuh biasanya rasa panas pada perut dan nyeri di dekat ulu hati. Tapi mengkonsumsi obat maag alangkah baiknya harus dengan anjuran dokter. Supaya dosis yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Selain obat, mengonsumsi air putih bisa menjadi pertolongan pertama saat maag kambuh. Dengan minum air putih, bisa menahan gejolak asam lambung berlebih. Gejolak asam lambung biasanya menyebabkan munculnya gejala maag.

Konsumsi air putih yang cukup, jangan berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi air putih bisa berpengaruh pada keseimbangan mineral dalam tubuh. Apabila terlalu banyak minum air putih, justru bisa menyebabkan timbulnya risiko refluks asam lambung pada tubuh.

Minum Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu alternatif terapi penyakit maag yang kambuh. Air kelapa sangat efektif jika dikonsumsi saat maag kambuh. Kandungan enzim dapat menjaga kestabilan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Kandungan tanin yang ada pada air kelapa berfungsi mengurangi peradangan yang terjadi pada lambung.

Makan Pepaya

Maag memang tidak boleh mengonsumsi buah yang rasanya asam. Namun, siapa sangka pepaya yang memiliki rasa asam justru bisa menjadi pertolongan pertama saat maag kambuh. Bagaimana bisa?

Pepaya memiliki kandungan yang baik untuk pencernaan. Kandungan enzim papain dapat menunjang sistem pencernaan. Ada juga kandungan asam askorbat dan asam asetat di dalam pepaya yang bisa menjadi obat alami saat maag kambuh.

Makan Brokoli

Brokoli kaya akan kandungan kalium, sulfur, serta vitamin C yang baik untuk penderita penyakit maag kronis. Saat maag kambuh, baik bagi penderita mengkonsumsi brokoli. Jangan konsumsi sayuran yang banyak mengandung serat. Rekomendasi sayuran lain adalah labu kuning, labu siam, dan wortel.

Kelola Stress

Stress bisa jadi penyebab seseorang yang mengidap maag kambuh. Dengan mengelola stress saat maag kambuh, akan sangat berpengaruh. Stress bisa berkontribusi pada terjadinya peningkatan kadar asam lambung.

Lakukan berbagai aktivitas menyenangkan saat maag kambuh. Bisa dengan melakukan aktivitas menonton TV, membaca, ataupun melakukan hobi lainnya. Jangan meratapi rasa sakit yang timbul akibat maag.

Itulah beberapa pertolongan pertama saat maag kambuh yang bisa anda konsumsi. Atur pola makan dan pola hidup sehat agar maag tidak kambuh. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika rasa sakit melebihi yang biasanya dirasakan. Jangan sampai berakibat fatal.

Written by
admin