Sebelum memulai aktivitas pagi, biasanya ibu akan menyiapkan sarapan untuk anaknya agar mereka tetap semangat. Namun, sebelum membuat sarapan Anda harus memilih menu sarapan yang sehat dan menarik agar anak lahap menghabiskannya. Nah, agar anak tertarik untuk sarapan Anda bisa mencoba beberapa menu sarapan pagi anak berikut ini.

  1. Roti Panggang

Jika anak tidak menyukai nasi, Anda bisa mencoba alternatif lain yaitu dengan memberikan roti pangganĀ  sebagai menu sarapan pengganti nasi. Sajikan roti panggang bersama dengan telur mata sapi dan sayuran yang diolah menjadi salad. Anda juga bisa menambahkan irisan sosis dan daging untuk memberikan tambahan protein.

Kandungan karbohidrat, protein dan vitamin pada makanan ini tentu saja akan melengkapi gizi anak saat mengawali harinya. Roti panggang juga bisa dijadikan pilihan tepat jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat sarapan pagi untuk anak.

2. Nasi Goreng Sosis

Nasi goreng biasanya juga menjadi menu makanan favorit anak-anak. Aroma nasi yang gurih tentu saja akan menggoda dan membuat anak semangat untuk menghabiskan menu sarapannya. Anda bisa menambahkan sosis dan irisan telur untuk memberikan asupan energi sebelum anak mengawali harinya.

3. Nugget Ikan

Sebagian anak-anak biasanya tidak terlalu suka mengonsumsi ikan. Nah, untuk mengakalinya agar anak mau makan ikan Anda bisa mencoba untuk membuat nugget ikan yang gurih dan renyah. Gunakanlah ikan tenggiri atau ikan dori yang memiliki daging tebal dan manis.

Sajikan nugget iman bersama dengan saus dan mayonaise. Nugget ikan bisa dijadikan menu sarapan yang enak dan cocok disajikan bersama nasi hangat atau kentang goreng. Anda bisa membuat nugget ikan sekaligus dengan jumlah yang banyak agar bisa jadi stok di rumah.

4. Omelette

Omelette sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan karena sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Anda bisa membuat omeletteĀ  dengan tambahan sayuran hijau dan potongan daging atau sosis agar rasanya lebih nikmat.

Namun, Anda juga bisa membuat menjadi pizza omelette yang lengkap dengan potongan sosis dan buah paprika yang sehat. Makanan ini tentu saja akan menjadi favorit anak karena rasanya enak. Sajikan omelet dengan nasi atau tanpa nasi sesuai dengan selera anak.

5. Kimbap

Kimbap adalah makanan khas Korea yang terbuat dari bahan dasar nasi dan diisi dengan sayuran, daging atau telur dadar dan digulung di dalam rumput laut. Makanan ini memang praktis namun tetap bergizi untuk anak mengawali harinya. Anda bisa menyajikan makanan ini dengan memotongnya kecil-kecil agar anak mudah ketika memakannya.

6. Mie Daging dan Sayur

Mie juga bisa dijadikan pilihan menu sarapan jika anak tidak menyukai nasi. Mie terbuat dari tepung sehingga bisa menggantikan fungsi karbohidrat dari nasi, jadi anak akan tetap kenyang meskipun tidak makan nasi.

Tambahkan beberapa sayuran dan juga potongan daging agar rasa mie menjadi lebih nikmat. Anda bisa membuat mie goreng atau mie kuah sesuai selera anak. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu sering memberikan sarapan mie karena mie sulit dicerna oleh lambung sehingga akan menghambat proses pencernaan.

Itulah beberapa menu sarapan pagi anak yang bisa Anda sajikan untuk membuat anak lebih semangat mengawali harinya. Pastikan Anda tetap memberikan makanan yang bergizi agar anak tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Written by
admin