Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh meningkat hingga lebih dari 38 derajat celcius. Demam rupanya dapat menjadi suatu pertanda penyakit ataupun kondisi lain pada tubuh. Namun tak perlu khawatir karena demam dapat disembuhkan dengan obat. Berbagai macam obat demam banyak dijual di apotek online maupun lokal, untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Lalu apa saja obat yang umum dikonsumsi ketika tubuh mengalami demam? Berikut ini rekomendasi obat demam untuk anak hingga dewasa.

Obat Demam Anak

Tak sedikit obat demam anak yang beredar di pasaran. Namun terkadang orang tua merasa bingung memberikan obat demam apa untuk si buah hati. Inilah obat demam anak yang dijual bebas di apotek online maupun lokal.

  • Pamol Sirup

Pamol sirup merupakan obat yang mengandung paracetamol, berfungsi sebagai analgesik dan antipiretik yang berperan untuk menurunkan demam serta meredakan nyeri pada anak. Obat ini juga dapat dikonsumsi jika anak mengalami demam pada imunisasi.

  • Bufect Suspensi

Selanjutnya ada Bufect Suspensi, yang juga merupakan obat penurun demam serta pereda nyeri. Obat ini mengandung ibuprofen yang dapat meredakan nyeri dan juga peradangan. Bufect Suspensi tak hanya dapat dikonsumsi anak-anak, orang dewasa juga dapat mengonsumsi obat ini.

  • Panadol Anak

Panadol Anak terbagi dalam bentuk sirup dan chewable tablet atau tablet kunyah. Keduanya memiliki kandungan paracetamol dan memiliki fungsi yang sama, yaitu menurunkan demam, menghilangkan nyeri, sakit gigi dan sakit kepala.

  • Sanmol Sirup

Anda juga dapat memberikan Sanmol sirup sebagai obat penurun panas si kecil. Obat ini mengandung paracetamol dan dapat digunakan tak hanya untuk meredakan demam, namun juga penghilang rasa nyeri seperti sakit gigi ataupun sakit kepala.

Obat Demam Dewasa

Berikut ini berbagai macam obat demam untuk orang dewasa yang bisa dibeli secara bebas di apotek online maupun lokal. Apa saja?

  • Ibuprofen

Obat penurun demam yang dapat dibeli bebas di apotek pertama adalah Ibuprofen. Selain sebagai penurun panas, Ibuprofen juga dapat meredakan inflamasi atau peradangan serta nyeri pada tubuh. Anda juga dapat membeli merek dagang Ibuprofen lainnya, seperti Procold Obat Sakit Kepala, Bodrex Extra, Proris, Intrafen, Novaxifen, dan Arbupon.

  • Paracetamol (Acetaminophen)

Obat yang satu ini terbilang ampuh sebagai pereda demam dan juga nyeri, tersedia dalam berbagai sediaan mulai dari kapsul, tablet, puyer, hingga sirup. Anda juga dapat membeli merek dagang Paracetamol diantaranya Sanmol, Tempra, Poro, Panadol, Sumagesic, Paramol, Mixagrip, Naprex, dan Hufagesic.

  • Aspirin

Aspirin merupakan obat yang cenderung lebih keras jika dibandingkan dengan obat penurun panas lainnya. Aspirin dapat dikonsumsi bebas untuk orang dewasa namun tidak boleh dikonsumsi untuk anak-anak tanpa konsultasi dokter. Merek dagang Aspirin lainnya adalah Aspilets, Ascardia, Thrombo Aspilets, Miniaspi 80, dan Farmasal.

Gejala Umum Demam yang Wajib Diketahui

Tak jarang orang yang merasa bingung ketika suhu tubuhnya mengalami peningkatan. Demam secara umum dapat terjadi ketika tubuh sedang menanggapi infeksi bakteri ataupun infeksi virus flu penyebab radang tenggorokan. Lantas apa saja gejala umum demam yang perlu diketahui?

  • Suhu tubuh diatas 38 derajat celcius.
  • Merasakan kondisi tubuh dingin disaat orang lain tidak merasakan hal tersebut
  • Kondisi dingin dapat pula menyebabkan tubuh menggigil
  • Sakit kepala
  • Kulit terasa hangat saat disentuh
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Mengalami dehidrasi

Demikianlah berbagai macam obat demam untuk anak hingga dewasa. Jika persediaan obat-obatan di rumah habis, membeli obat di apotek online terbilang lebih efektif dan hemat waktu. Di HDmall, Anda dapat membeli obat-obatan secara aman, mudah dengan harga terbaik.

Written by
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *